Loading...

Belajar Grafis Desain: Anatomi Huruf #1


Loading...

Halo sobat Bloggers, bagi Anda yang baru masuk ke dalam dunia tipografi, tentunya Anda sering mendengar istilah-istilah yang menyangkut dengan anatomi sebuah huruf bukan?

Huruf dapat dianalogikan seperti layaknya kita manusia, memiliki struktur dan bagian-bagian tubuh yang saling melengkapi serta terpadu menjadi satu kesatuan tubuh. Okay, langsung saja kita bahas masing-masing bagian dari anatomi huruf.

klik gambar untuk memperbesar

1. Baseline, merupakan garis tak nampak dimana karakter huruf “duduk”. Namun biasanya huruf bulat seperti “e” akan ditaruh sedikit lebih bawah melewati baseline.

2. Meanline, merupakan garis batas yang terletak pada bagian atas huruf kecil seperti “e”, “g” dan “y” serta pada titik lengkung seperti pada huruf “h”.

3. X-height, merupakan jarak antara garis ‘baseline’ dan ‘meanline’.

4. Cap height, adalah jarak dari ‘baseline’ hingga titik puncak huruf besar (kapital) seperti “H”

5. Ascender, bagian dari karakter huruf yang melewati garis ‘meanline’. Atau dengan kata lain, merupakan bagian karakter huruf yang bagiannya lebih tinggi melewati garis atas x-height.

6. Descender, kebalikan dari ascender. Merupakan bagian huruf yang berada di bawah garis ‘baseline’

7. Serifs, huruf biasanya dibagi menjadi ‘Serif’ dan ‘Sans Serif’, huruf-huruf berjenis ‘Serif’ dapat dibedakan dari penambahan pada ujung ‘stroke’-nya.

8. Stem, merupakan garis tegak seperti pada huruf “B” dan garis diagonal utama seperti pada huruf “V”. Stem juga biasanya dikenal dengan pembangun tubuh yang utama pada sebuah karakter huruf.

9. Bowl, merupakan kurva parabola tertutup dan terbuka yang menciptakan kesan ruang di dalamnya.

10. Counter, bagian dalam dari ‘Bowl’. 

Okay Sobat Bloggers, silakan klik disini untuk membaca lebih lanjut mengenai pembahasan anatomi lainnya, seperti: Leg, Shoulder, Crossbar, Axis, Ear, Tail, Terminal, Aperture, Link/Neck dan Loop/Lobe
disarikan dari: sumber 1 2 3





Gagaspedia.com

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*