Loading...

Belajar Grafis Desain: Alur Kerja Komputer 3D


Loading...

Halo Sobat bloggers, sesuai janji saya bahwa saya akan mencoba menjelaskan sedikit  alur kerja dalam dunia komputer 3D (Bahasan sebelumnya mengenai komputer 3D dapat Anda baca disini).

Okay, sama seperti apapun yang ada di dunia ini segala sesuatu memiliki sebuah proses. Menurut saya proses adalah sebuah deretan aksi yang dilakukan secara berkelanjutan yang mengarah pada sebuah hasil akhir. Ya, ada awal ada akhir, ada input ada output. Nah tidak mungkin terlahir sebuah output jika sang input tidak diproses terlebih dahulu bukan? He he.. maaf jadi membuat Anda bingung, inti utama yang hendak saya sampaikan adalah bahwa proses merupakan suatu hal yang penting.

Berikut ini saya paparkan alur kerja atau saya sebut proses kerja (secara umum) dalam dunia komputer 3D. Maksudnya secara umum adalah, bahwa beberapa langkah proses mungkin tidak pernah terjadi atau apa yang terjadi di lapangan tidak tercantum dalam skema berikut ini. Yang ditekankan disini adalah dalam dunia desain tidak ada sesuatu yang pasti seperti halnya dalam dunia eksak 🙂

G.02. Lakukan tahap sketsa sampai benar-benar matang sesuai konsep 

2. Tahap Produksi (Production)

G.03. Contoh material dan texture library



3. Tahap Pasca-Produksi (Post-Production)

>> Oiya biasanya dalam setiap tahapan akan selalu ada presentasi dari tim projek kepada klien dengan umpan balik berupa revisi  dari klien. Tujuannya adalah untuk melaporkan progres kerja dan memantau kesesuaian pekerjaan dengan ide atau kebutuhan awal.

Ya silakan bagi Sobat bloggers lain jika ingin menambahkan tahap/proses atau sekedar sharing proses kerja sesuai pengalaman projek 3Dnya, ayo silakan jangan malu-malu 🙂 

gambar: kecuali skema, lainnya dari berbagai sumber.





Gagaspedia.com

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*