Loading...

Apakah Hitam dan Putih adalah Warna?


Mungkin Sobat Blogger pernah dengar sebuah pertanyaan seperti ini, “Kalau hitam dan putih merupakan warna juga bukan?”. Nah pertanyaan ini sering kali masih merupakan perdebatan. Kalaupun ada yang menjawab “ya, hitam-putih merupakan warna!” atau “tidak, hitam-putih bukan merupakan warna”, namun kadang-kadang penjelasannya masih kurang dapat dipahami dengan pasti. Untuk itu mari kita coba kaji bersama penjelasannya.
Loading...

Penjelasan mengenai perdebatan tersebut dapat dipaparkan dalam tiga jawaban yang berbeda. Namun sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita harus mengetahui sumber dari sebuah warna itu bisa berasal.

Kedua, ada juga warna-warna yang bersumber dari cahaya. Sebagai contoh warna-warna yang dihasilkan dari pancaran layar televisi atau monitor komputer. Apabila layar monitor dilihat diperbesar, maka warna merah pada gambar kulit buah apel  dihasilkan dari warna merah yang dipancarkan ke dalam sistem elektronik di dalam televisi atau layar monitor.

Ketiga, kita perlu juga mengetahui pengertian dari warna primer. Warna primer adalah tiga warna yang tidak mungkin dihasilkan dengan cara mencampurkan dari warna-warna lainnya. Ketiga warna primer tersebut antara lain merah, kuning dan biru (Red, Yellow, Blue).

Nah, setelah kita mengetahui ketiga prinsip dasar tadi, sekarang kita dapat menjawab pertanyaan, “Apakah hitam dan putih merupakan warna?”.

G.05 Red, Green, Blue (warna primer dari cahaya)

Jawaban #1 Apabila dilihat dari sudut pandang “Teori Warna sebagai Cahaya” adalah dengan membandingkan gambar dibawah ini sambil mempertanyakan, “Apakah hitam dan putih dianggap sebagai cahaya?”

G.06 Kucing hitam dan putih di dalam televisi.

Kajian dari Jawaban #1 adalah:

Hitam bukan merupakan warna, karena ketika suatu kondisi tanpa cahaya sama sekali maka semuanya akan tampak hitam atau gelap. Sedangkan putih dihasilkan dari pencampuran ketiga warna primer (RGB). Sinar dipancarkan dengan transpara, tidak berwarna atau putih, sebagai contoh sinar matahari menghasilkan warna putih yang dirangkum dari seluruh spektrum warna, buktinya dapat dilihat pada pelangi di langit atau dengan bantuan prisma kaca. Kenyataannya adalah penjumlahan (add) dari seluruh warna sinar akan menjadi putih maka dengan kata lain Teori Warna Cahaya sering dikenal juga dengan istilah Additive Color Theory.

G.07 RYB (warna primer  sebagai pigmen)
G.08 CMY (warna primer di industri percetakan)

Jawaban #2 dilihat dari sudut pandang Teori Warna sebagai Pigmen Penghasil Warna (dikenal juga dengan istilah Subtractive Color Theory) adalah dengan mempertanyakan warna dari hasil sebuah gambar kucing hitam dan putih pada selembar kertas, “Apakah hitam mampu berfungsi sebagai pigmen penghasil warna?”

Dengan mengetahui tiga poin diatas, maka kita dapat menjawab secara penuh pertanyaan utama kita, “Apakah hitam dan putih adalah warna?”. Sebab apabila kita menjawab hanya dari Jawaban #1 dan #2 saja, maka jawaban kita belumlah tepat.

Inilah sebenarnya bagaimana kita dapat melihat warna:

G.10 Warna putih pada kulit apel disebabkan pantulan sinar

Setiap benda dapat kita lihat karena memantulkan cahaya atau sinar, pantulan tersebut dapat diterima oleh mata kita sehingga kita dapat melihat warna pigmen merah kulit apel tersebut. Sama halnya dengan warna putih yang kita lihat dari buah apel diatas, warna putih tersebut bukan berasal dari pigmen warna sang buah apel, melainkan dari pantulan sinar atau sumber cahaya. 

Contoh teori pada buah apel diatas juga dapat digunakan untuk menjawab permasalahan hitam dan putih. Warna hitam cenderung tidak memantulkan sinar sedangkan warna putih memantulkan seluruh warna.

Kesimpulannya?

Jadi apakah hitam adalah warna? Hitam bukanlah warna, karena hitam menyerap semua sinar spektrum warna dan tidak memantulkan apapun ke mata kita.

Jadi apakah putih adalah warna? Ya, putih adalah warna, karena putih memantulkan seluruh spektrum sinar warna ke mata kita.

Ya, jadi begitulah kira-kira informasi yang saya dapat share, semoga bermanfaat yah 🙂





Gagaspedia.com

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*